-->
Kepedulian kita senantiasa dibutuhkan dan bermanfaat

Kepedulian kita senantiasa dibutuhkan dan bermanfaat

 Kisah ini menunjukkan bahwa kepedulian kita senantiasa dibutuhkan dan bermanfaat. Apalagi dalam situasi saat ini, ketika jumlah penduduk miskin semakin bertambah akibat bencana alam yang bertubi-tubi,
MENYELAMATKAN BINTANG LAUT - Diceritakan pada suatu pagi seorang kakek berumur sekitar 65 tahun berolah raga dengan berjalan kaki menyusuri pinggir pantai nan sejuk. Di tengah jalan ia melihat banyak sekali bintang laut. Terdampar dipantai akibat air laut surut. Ia khawatir para bintang laut itu akan mati jika terjerang sinar matahari terlalu lama.

Ia berusaha memungut bintang laut sebanyak mungkin, lalu melemparkannya keperairan laut. Smeentara itu ada seorang anak kecil yang sedari tadi memperhatikan apa yang sdang si kakek lakukan. Kemudian anak kecil itu bertanya, “Kakek apa yang kakek lakukan?”

“Oh kakek sadang membantu bintang-bintang laut ini mencapai perairan supaya mereka tidak mati,” jawab sang kakek menerangkan.

“Begitu banyak bintang laut disini, berapa banyak yang bias kakek tolong? Apakah pertolongan kakek bias menciptakan perbedaan?” Tanya anak kecil itu.

Si kakek hanya tersenyum sambil terus memungut para bintang laut dan melemparkan ke parairan. Sebentar kemudian ia berkata, “Pertolongan ini setidaknya akan membuat perbedaan kepada bintang laut itu!”

PESAN
Kisah diatas menunjukkan bahwa kepedulian kita senantiasa dibutuhkan dan bermanfaat. Apalagi dalam situasi saat ini, ketika jumlah penduduk miskin semakin bertambah akibat bencana alam yang bertubi-tubi, inflasi, dan yang terbaru kenaikan harga beras. Kepedulian kita sangat dibutuhkan untuk membantu kepedulian rakyat
Sejatinya sekecil apapun yang mampu kita berikan secara ekplisit berorientasi kepedulian yang besar kepada masyarakat yang sedang ditimpa kemalangan. Sesederhanapun bentuk kepedulian kita pasti mendatangkan kebaikan kepada diri kita sendiri dan orang lain yang menerima dengan cara yang tidak terduga. Terlebih jika berbagai bentuk kepedulian it uterus menerus dilakukan, maka lambat laun akan tercipta perubahan besar dalam hidup kita.

Seandainya semua masyarakat yang mampu peduli kepada kemiskinan dan penderitaan yang menimpa sabagian masyarakat pasti terkumpul milyaran setiap bulan untuk menggerakkan dan meningkatkan ekonomi atau meringankan penderitaan mereka. Seumpama seluruh pejabat dan wakil rakyat mempunyai hati nurani dan peduli terhadap penderitaan rakyat pasti tidak akan ada uang rakyat yang habis diselewengkan untuk kesenangan mereka pribadi.

Kalu saja setiap orang terkutuk hatinya pada kelestarian alam hutan-hutan di Indonesia dan tidak memikirkan keuntungan diri sendiri semata pasti bencana alam, longsor, banjir dan lainnya bias dihindari. Setidaknya tak akan jatuh korban lebih banyak dan jumlah masyarakat terbantu akan lebih banyak dibandingkan jika tak ada sedikitpun kepedulian itu. Bukankah begitu besar perbedaan terjadi bila masing-masing diantara kita memiliki kepedulian?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel