-->
 Kepedulian adalah sumber kebaikan.

Kepedulian adalah sumber kebaikan.

JANGAN PERNAH TERLALU BERHARAP - Anita roddick adalah perintis perusahaan waralaba The Body Shop yang kini sudah mendunia. Sebelum perusahaan The Body Shop dikenal seperti sekarang, Anita pernah berinisiatif untuk menggerakkan semua karyawannya yang berada di pusat untuk melakukan bakti social dalam rangka Hari Dunia. Bentuk bakti social tersebut adalah membersihkan sebuah pantai di Inggris.
Tetapi inisiatif Anita tidak direspon positif oleh mayoritas pegawainya. Hanya sebagian kecil karyawan yaitu hannya 13 orang, yang bersadia berpartisipasi dalam bakti social tersebut. Sedangkan sebagian besar pegawainya memilih untuk menghindar dengan berbagai alasan. Anita sangat kecewa oleh atas penolakan yang ditunjukkan oleh mayoritas karyawan.

Tetapi dalam perjalanan menuju pantai yang akan dibersihkan, Anita merasa sedikit terhibur. Pasalnya ia berpapasan denagn seorang pengendara sepeda yang ramah. “Mau kemana?” Tanya pengendara sepeda itu kepada dirinya dan rombongan.

“Hri ini adalah hari dunia, kami akan ke pantai untuk memebrsihkan pantai itu.” Jawab Anita antusias sambil menunjukkan sebuah pantai di depan mereka.

“Luar biasa! Kemauan anda semua sangat luar biasa. Saya sangat senang ada orang yang bersedia turun tangan membersihkan pantai ini, karena memang sudah sangat kotor,” lanjut pengendara sepeda itu tak kalah semangat dengan Anita.

“Kalau begitu mari bergabung dengan kami membersihkan pantai,” ucap Anita girang karena merasa mendapatkan simpati dan dukungan dari pengendara sepeda itu.
“Jangan perhan harap ya!” cetus pengendara sepeda itu mengejutkan. Tanpa basa basi mengyuh sepedanya dengan kencang sekali. Anita dan rombongannya ternganga tak percaya dengan respon yang sedemikian negative.

Pengalaman pahit tersebut memberi sebuah pelajaran berharga bagi Anita, bahwa kesadaran orang lain terhadap lingkungan tak mudah diketuk hanya dengan himbauan. Ia berpikir mungkin kesadaran atas lingkungan akan tumbuh bila himbauan itu terus didengungkan lewat berbagai media misalnya poster, brosur, kampanye secara langsung dan lain sebagianya.

Karena itu dalam setiap pertemuan dengan para stafnya, Anita selalu berkata “Menciptakan keuntungan dari segi keuangan saja tidak cukup, kita harus menciptakan kemajuan dalam segi spiritual.” Anita sangat serius dengan apa yang ia ucapkan. Dibawah kepemimpinannya The Body Shop mencapai kemajuan luar biasa. Sudah tersebar dilebih dari 50 negara dengan 1.900 gerai di dunia. Meskipun demikian, perusahaan tersebut masih memegang teguh sebuah visi, yaitu kepedulian terhadap lingkungan.

PESAN
Kisah di atas menunjukkan bahwa kepedullian itu sangat penting. Bahkan hamper setiap agama di dunia menandaskan tentang pentingnya kepedulian. Kepedulian adalah sumber kebaikan.

Meskipun masih sangat sulit dibudayakan, tetapi kepedulian dapat ditumbuhkan hingga akhirnya membudaya dalam kehidupan kita. Langkah pertama dalam menumbuhkan kepedulian adalah menjadi panutan. Dengan kata lain kepedulian itu dimulai dari diri kita sendiri.

Langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan dengan orang-orang yang bersangkutan tentang solusi-solusi tentang masalah yang sedang dihadapi. Jika perlu prinsip-prinsip kepedulian yang dapat dijadikan solusi tersebut dicetak dalam ukuran yang besar atau cukup menarik perhatian. Dalam kisah di atas Anita berinisiatif mensosialisasikan kepedulian melalui seruan seruan misalnya dalam bentuk spanduk atau papan iklan, disiarkan melalui media elektronik, cetak dan sebagainya.

Dalam periode tertentu sebaiknya hasil dari kepedulian tersbut disiarkan untuk diketahui bersama. Misalnya sumbangan suka rela dari penduduk di kampong-kampung sebagai bentuk kepedulian, disiarkan berapa uang yang sudah terkumpul dan yang sudah digunakan, perubahan yang dihasilkan sekaligus anggaran yang dibutuhkan untuk program selanjutnya. Keterbukaan seperti itu menjadi sumber motifasi bagi setiap individu dari lapisan masyarakat yang lebih luas untuk berpartisipasi, apalagi jika kepedulian tersebut ditujukan untuk memperbaiki keadaan, mengatasi maslah dan mewujudkan harapan mereka semua.

“Ketika mimpi ada dihatimu, tidak akan ada permintaan yang terasa ekstrim

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel