tituitcom

KEKUATAN FORD MENGUASAI PASAR MOBIL DI DUNIA ( INSPIRASI )

KEKUATAN FORD MENGUASAI PASAR MOBIL DI DUNIA - Kisah ini menunjukkan bahwa manusia harus senantiasa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Untuk eksis apalagi sukses dibidang apapun atau bahkan untuk sekedar hidup .

Henry Ford (1863-1947) dikenal luas di dunia sangat piawai mendesain mobil. Ia pernah menciptakan sebuah desain mobil dalam waktu sekitar 30 menit. Desain mobil tersebut dinamakan Ford T.

Mobil jenis Ford T berhasil menguasai pasaran. Dalam waktu singkat, tak kurang dari 15 juta unit mobil jenis itu terjual. Keberhasilan tersebut membuat Ford enggan menciptakan model baru, meskipun ia sudah banyak menerima masukan dari berbagai kalangan untuk menciptakan kreasi desain mobil baru secara simultan sesuai dengan kecenderungan permintaan pasar. Bagi Ford, model Ford T adalah model terbaik di dunia.

Sementara perusahaan lain bernama GM sudah lebih dulu merespon kecenderungan pasar mobil di dunia. Perusahaan tersebut menciptakan desain mobil baru dan cukup diminati. Tak berselang lama setelah peluncuran model baru milik GM, pasaran mobil Ford tergeser secara signifikan oleh mobil produksi GM.

Ford baru mengakui produksi mobilnya menurun dratis. Karena itulah Henry Ford menyerahkan jabatan kepada Henry Ford III. Di tangan pemimpin baru itulah dilakukan berbagai pembaruan dan onovasi desain dilengkapi dengan kecanggihan mesin sesuai dengan permintaan pasar dan perkembangan teknologi modern. Sejak saat itulah Ford kembali menguasai pasar mobil di dunia seperti sedia kala.

PESAN
Kisah di atas menunjukkan bahwa manusia harus senantiasa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Untuk eksis apalagi sukses dibidang apapun atau bahkan untuk sekedar hidup, manusia dituntut untut memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Selain kekuatan modal, kecerdasan intelegensi dan lain sebagainya sama sekali tidak berarti tanpa diimbangi dengan kemampuan untuk menghadapi perubahan.

Semakin tinggi daya adaptasi kita semakin tinggi tingkat keberhasilan yang kita capai. “Jangan padamkan api inspirasi dan imajinasi anda. Jangan menjadi budak pada model anda,” Vincent Van Gogh (1853-1890). Ada beberapa langkah yang harus kita tempuh supaya kita mempunyai kemampuan adaptasi tinggi.

Langkah pertama adalah kesungguhan, karena segala sesuatu termasuk kemampuan beradaptasi tidak akan kita capai tanpa kemauan yang sungguh-sungguh. Langkah kedua adalah belajar dari berbagai hal, entah dari pendidikan formal, kehidupan sehari-hari, pengalaman orang lain, perenungan, kursus dan lain sebagainya. Dengan belajar kita akan mengerti, peka dan memahami banyak hal, sehingga menemukan cara yang lebih efektif atau pilihan yang lebih baik.

Langkah ketiga adalah berubah. Pengetahuan yang memadai dari aktifitas belajar tidak akan bermanfaat lebih jauh jika tidak membawa perubahan terhadap perilaku kita. Dalam kisah diatas, pengetahuan tentang pentingnya kreatifitas sesuai dengan kebutuhan pasar tidak akan memberi manfaat jika tidak diikuti dnegan upaya yang lebih keratif untuk menciptakan desain mobil baru. Melakukan perubahan meskipun hanya sedikit-demi sedikit, sangatlah mempengaruhi daya adaptasi kita.

Perubahan akan terus berlangsung sampai kapanpun dan dimanapun. Perubahan tersebut justru akan mendatangkan keberhasilan dan kebahagiaan jika kita mempunyai daya adaptasi yang tinggi. Persiapan diri, mental, fisik dal lain sebagainya untuk meningkatkan daya adaptasi kita, karena setiap perubahan pada dasarnya adalah jalan bagi kita supaya senantiasa lebih baik dari sebelumnya.

Related

KISAH RENUNGAN 1312625150857200514

Post a Comment

item