-->
INSPIRASI KATAK INGIN BERJALAN DENGAN DUA KAKI

INSPIRASI KATAK INGIN BERJALAN DENGAN DUA KAKI

Kisah ini merupakan cermin kehidupan kita. Banyak orang yang mengagumi kelebihan orang lain, misalnya dalam hal fisik yang rupawan, prestasi yang cemerlang atau kemampuan lann.
KATAK INGIN BERJALAN DENGAN DUA KAKI Dalam kolam di lingkungan taman sebuah vihara, tinggallah sekumpulan katak. Salah satu katak itu gemar mendengarkan lantunan lagu-lagu doa dari dalam vihara. Setiap pagi ia sengaja melompat ke tepi kolam dan memperhatikan para pengunjung yang sedang berdoa kepada Buddha.

Lama kelamaan katak itu ingin berdiri dan berjalan seperti para pengunjung yang setiap pagi memberi hormat dan berdoa kepada sang Buddha. Sudah hamper satu bulan katak itu rajin berdoa, memohon agar sang Buddha mengabulkan impiannya itu. Tiba-tiba muncul sekilat cahaya terang menerpa kakinya. Sungguh ajaib, sejak saat itu ia dapat berdiri di atas kedua kakinya.

Sang katak merasa sangat girang. Ia segera terjun ke dalam kolam tidak sabar ibgin menunjukkan kehebatannya berdiri di atas kedua kaki kepada katak lain. Dengan bangga ia menunjukkan kehebatannya, dan mendapatkan respon yang luar biasa dari katak lain.

Tetapi celaka, pada saat yang sama tiba-tiba datang serangan dari seekor ular yang sedari tadi bersiap menerkam sang katak. Sang katak berussaha kabur. Ia berlari dengan kedua kakinya, karena itu ia tidak dapat berlari kencang. Hampir saja ia dimangsa ular bila tidak ditolong seorang penjaga taman.

Setelah itu ia baru sadar bahwa ia telah menghabiskan banyak waktu untuk mengagumi kemampuan manusia. Seharusnya waktu yang sangat berharga itu ia gunakan untuk mengasah kemampuannya. Saya ingin melompat lebih jauh dan tinggi dan menjadi katak pelompat yang paling hebat,” bisiknya dalam hati. Sejak saat itu ia sangat menghargai waktu dan potensinya dengan terus meningkatkan kemampuan melompat dan menjalani kehidupan dengan lebih semangat dan percaya diri.
PESAN
Kisah tersebut merupakan cermin kehidupan kita. Banyak orang yang mengagumi kelebihan orang lain, misalnya dalam hal fisik yang rupawan, prestasi yang cemerlang atau kemampuan laun. Sampai-sampai tidak sedikit diantara mereka meniru setiap gerak-gerik maupun penampilan orang-orang yang dikagumi. Mereka mengalami krisis identitas.

Padahal diri kita menyimpan kelebihan-kelebihan yang dapat menjadi kekaguman banyak orang. Mengapa kita tidak membuat orang lain kagum terhadap segala kelebihan yang kita meiliki? Jangan hanya mengagumi orang-orang yang telah berhasil itu, tetapi jadikan mereka sebagai inspirasi untuk menegmbangkan potensi besar yang kita miliki. “Untuk memeahami hati dan pemikiran seseorang jangan melihat apa yang telah mereka capai, tetapi lihat apa yang telah mereka inspirasikan saat ini,” kata Khalil Gibran.

Langkah pertama untuk menjadi kekaguman banyak orang adalah mengenali giri kita sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangan, dengan segala prestasi maupun kesalahan yang pernah kita perbuat. Kemudian ciptakan impian yang mampu menjadi daya dorong atau memicu semangat untuk berbuat sesuatu. Jack Kinder menyebutkan, “Prestasi yang tinggi selalu adalah hasil harapan dari yang tinggi.” Jadi jangan pernah takut untuk bermimpi. Langkah selanjutnya adalah melakukan kebiasaan yangmendekatkan kita pada impian yang kita tuju. Patahkan kebiasaan buruk sedikit demi sedikit. Sebaliknya budayakan kebiasaan yang membangun dan mampu mengoptimalkan segal;a potensi yang kita miliki secara bertahap. Misalnya, membiasakan diri disiplin, tepat waktu, berpikir dan bertindak positif dan lain sebagainya. Lambat laun kita akan terbiasa melakukan kegiatan yang konstruktif dan menciptakan prestasi. Pada dasarnya, “Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi apapun yang kita inginkan,” kata George Elliot.

0 Response to "INSPIRASI KATAK INGIN BERJALAN DENGAN DUA KAKI "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel