-->
Ciri khas Seorang pemimpin ideal

Ciri khas Seorang pemimpin ideal

HAROLD WILSON, MEMPUNYAI KRITERIA PEMIMPIN IDEAL - Harold Wilson adalah perdana mentri Inggris (1916-1995). Selama menjadi pemimpi HAROLD WILSON pernah mengalami kisah yang cukup unik. Saat itu ia sedang menyampaikan pidato disebuah lapangan terbuka dan diikuti oleh ribuan penduduk Inggris.
Pada saat pidato tersebut berlangsung tiba-tiba sebutir telur melayang dan mendarat tepat diwajahnya. Kejadian tersebut terjadi sangat cepat sampai-sampai petugas tak sempat melindungi Harold Wilson. Dilansir bahwa pelaku pelamparan terebut adalah seorang anak kecil berusia kurang dari 10 tahun.

Semula sang perdana mentri berniat membebaskan anak itu. Tetapi belakangan ia meminta asistennya mencatat nama, alamat dan nomor telephon anak kecil tersebut. Tindakan Harold Wilson tersebut memancing protes warga. Masyarakat Inggris mengira Harold Wilson akan menjebloskan anak itu ke penjara jika sudah besar kelak. Kejadian itu sempat memicu rasa tidak senang rakyat Inggris atas kepemimpinan Harold Wilson.

Untuk menghindari kesalahpahaman Harold Wilson segera mengumumkan kepada rakyat Inggris perihal tujuannya mencatat nama dan alamat anak kecil itu. Ia ingin meluruskan maksud dan tujuan sesungguhnya. “Prinsip saya adalah mencari tahu kewajiban saya ketika melihat kesalahan orang lain. Anak kecil itu sudah melempar wajah saya dengan telur, itu jelas perbuatan tidak sopan. Saya melihat kemampuannya melempar sangat luar biasa. Sehingga saya berkewajiban untuk memerintahkan mentri olahraga agar mengarahkan dan membina anak itu menjadi seorang olahragawan yang hebat dimasa yang akan datang,” tegas Harold Wilson panjang lebar.
PESAN
Harold Wilson memiliki cirri khas seorang pemimpin yang ideal. Salah satu kejadian di atas menunjukkan dirinya ingin melaksanakan tanggungjawab dengan baik, dengan melayani kepentingan seluruh warganya. Pemimpin ideal ia terus sibuk mencari tanggungjawab yang mesti dilaksanakan bukannya terus menuntut hak.

Ciri khas Seorang pemimpin ideal lainnya adalah;
1. Memiliki kekuatan piritual yang tinggi, mengarahkan tindakan seorang pemimpin untuk elalu menegakkan kebenaran dan tidak tergoda untuk melakukan tindakan melawa hokum.
2. Mempunyai visi dan program kerja untuk kesejahteraan masyarakat.
3. Berusaha mengayomi semua warganya tanpa membedakan yang kaya atau miskin dan lain sebagainya.
4. mempunyai pengalaman dan kemampuan dalam menjalankan tugasnya, sehingga bias menuntaskan tanggungjawab dan menciptakan kemajuan di berbagai bidang.
5. memiliki kerendahan hati dan kepedulian yang tinggi terhadap rakyat.

Criteria-kriteria tersebut menjadikan seorang pemimpin ideal semakin dicintai rakyatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel