-->
Empati dan cinta yang dimiliki anak kecil

Empati dan cinta yang dimiliki anak kecil

Dikisahkan tentang seorang pemuda dengan bangga mengendarai mobil barunya yang mewah. Kemudian dia berhenti di tengah kerumunan yang terdiri dari teman-teman dan kerabat pemuda tersebut. Semua kgum pada kemewahan mobil itu, termasuk seorang anak kecil yang biasa membantu pekerjaan di rumah anak itu.
  1. Terkadang pengalaman jauh lebih dari sekedar pengetahuan
  2. Banyak jalan menuju keberhasilan dan kesuksesan.
  3. Hiduplah sewajarnya, Jangan terlalu memaksakan
  4. Inspirasi suami istri yang baru saja menikah
  5. Keadaan seseorang selalu mengikuti jalan pikirannya sendiri.
Seribu satu sebab dapat memompa tingginya kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu yang luar biasa , entah disebabkan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dalam kehidupan, penderitaan keluarga atau bahkan rasa simpati, empati dan lain sebagainya.


Si anak kecil itu tak henti-henti terkagum seraya memegang-megang mobil mewah itu. “Hei, bagus ya mobilku. Ayo naik ikut dengan ku jalan-jalan,” kata pemuda itu menyapa si anak kecil. Dengan girang si anak kecil langsung setuju dan masuk ke dalam mobil.

“Mobil ini bagus sekali, kakak beli dimana? Wah kakak hebat ya bisa beli mobil sebagus ini,” ucap si anak kecil tanpa ragu.

Dengan senyum pemuda itu menjawab, “Bukan kakak yang beli, tapi ini hadiah dari saudara kakak yang sudah sukses,” jawab pemuda itu bangga.

“Oh begitu,” sahut si anak kecil.

“Ayo kita jalan-jalan kemana nih,” sambung pemuda itu bertanya.
“Kita berhenti digang kecil itu ya kak,” sahut si anak kecil sambil menunjuk sebuah gang kecil di perkampungan kumuh. Banyak sekali anak-anak miskin dan kumuh di perkampungan itu. Setelah turun dan ditunggu cukup lama, si anak kecil muncul sambil setengah berlari mendorong kursi roda adiknya yang lumpuh sejak lahir.

Dengan senyum senang si anak kecil itu tadi memberi tahu adiknya mobil mewah milik pemuda tersebut. “Ini mobil mahal dik. Bagus sekali kan? Ingat ya dik, nanti kakak akan membelikan mobil untuk kamu yang lebih mewah dan bagus dari mobil ini,” cetus si anak kecil itu kepada adiknya.

Kalimat-kalimat lugu dan jujur yang meluncur dari bibir anak itu benar-benar mengharukan. Dari kata-katanya tercermin begitu besar tekad anak kecil itu bersumber dari kemauan untuk memberi kebahagiaan kepada orang lain. Sedangkan pemuda itu merasa malu karena membangga-banggakan pemeberian orang lain yang bukan jerih payahnya sendiri.

PESAN
Seribu satu sebab dapat memompa tingginya kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu yang luar biasa , entah disebabkan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dalam kehidupan, penderitaan keluarga atau bahkan rasa simpati, empati dan lain sebagainya. Semua kejadian tersebut mempengaruhi jiwa dan mejadi factor pembangkit yang luar biasa. Sedangkan dari kisah di atas begitu besar kemauan anak kecil itu untuk berbuat sesuatau yang bersumbir dari empati terhadap penderitaan adiknya yang lumpuh sekaligus rasa cinta yang begitu besar.

Empati dan cinta yang dimiliki anak kecil itu adalah salah satu factor yang mendorongnya giata berusaha dan menjauhkan dirinya dari sikap lemah, takut dan malas. Kedua factor tersebut sangat berpengaruh terhadap visi, pola piker dan kemauan anak kecil itu.
Tingkat perbedaan kemauan diantara anak kecil itu dan si pemuda begitu besar karena pemuda itu tidak memiliki rasa empati dan cinta yang besar seperti anak kecil itu.

Umumnya orang-orang yang sudah dipengaruhi oleh factor pembangkit, misalnya cinta dan empati, maka ia akan jauh lebih giat berusaha dibandingkan mereka yang tidak memiliki motivasi sama sekali. Orang-orang yang dipengaruhi factor pembangkit itu cenderung selalu tegar mengahadapi ujian, sabar ketika mendapat cobaan, dan pandai bersyukur ketika mendapat kebahagiaan.

Bila kita menengok kedaan kita saat ini, apakah keadaan kita ini sudah cukup baik sesuai dengan yang diharapkan dari segi spiritual, ekonomi, kehidupan dan kepedulian social, maupun keluarga? Tak akan ada keuntungan dan kemajuan berarti bila kita hanya merenungi masalah yang kita dapatkan sambil mengandalkan bantuan dari orang lain. Tetapi kita akan mendapatkan manfaat yang begitu besar jika kita menjadikan kekurangan tersebut sebagai factor pembangkit semangat dan kemauan untuk berusaha sekuat tenaga dengan cara yang terpuji. Madam C.J. Walker mengatakan, “Jangan duduk saja dan mennunggu kesmpatan dating, berdiri dan buatlah peluang.”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel