tituitcom

MAHARAJA DAN PEMUDA MISKIN [ INSPIRASI ]

MAHARAJA DAN PEMUDA MISKIN - Di kisahkan tentang Maharaja yang selalu terlihat murung dan tidak bahagia. Beberapa bulan kemudian Maharaja tergolek lemah karena sakit. Semua cara pengobatan dilakukan untuk keembuhan sang Maharaja, tetapi kesehatannya tak kunjung ada kemajuan.

Sang pangeran berpikir keras untuk mencari cara lain agar sang Maharaja selalu bahagia dan segera pulih kesehatannya. Menurut sang pangeran, Maharaja sedih karena sedang memikirkan sesuatu. Tetapi apa gerangan yang membuat Maharaja sedih karena segala sesuatu telah tersedia di istana. Tanda Tanya besar terus mengganggu pikiran pangeran untuk menemukan arti kebahagiaan yang sesungguhnya.

Ia memutuskan untuk menyamar dan mengembara. Di sebuah desa ia menemukan beberapa penduduk yang terus mengeluh karena miskin. Ditempat terpisah yang tak jauh dari orang miskin itu, sang pangeran melihat seorang pedagang yang cukup makmur, tetapi terus mengumpat dan marah karena merasa tersaingi oleh sesama rekan pedagang.

Melihat kenyataan kehidupan tersebut, sang pangeran semakin tidak mengerti konsep kebahagiaan yang sebenarnya. Disaat ia sedang termenung dan sedikit putus asa karena tak kunjung menemukan arti kebahagiaan tiba-tiba ia mendengar suara seseorang. “Terimakasih Tuhan pekerjaan saya hari ini sudah selesai, terimakasih Tuhan hari ini saya juga sudah makan. Sekarang waktunya istirahat. Yeh! Luar biasa!” katanya.

Suara itu benar-benar membuat sang pangeran merasakan kebahagiaan dan kedamaian di hati orang itu. Sang pangeran berusaha mencari sumber suara tersebut.

Ia tertegun dan terpaku karena pemilik suara itu adalah seorang pemuda desa yang hanya mengenakan celana lusuh dan telah tertidur pulas. Kejadian tersebut benar-benar menginspirasi sang pengeran tentang arti kebahagian sesungguhnya. Iapun memutuskan untuk segera pulang. Ia tak sabar untuk segera menceritakan kepada ayahnya sebuah kejadian penting yang baru saja ia saksikan.

PESAN
Berdasarkan kejadian di atas kita dapat melihat bahwa kunci kebahagiaan itu sebenarnya hanya ada di dalam hati kita. Suasana hati kita yaitu bahagia atau tidak pasti akan tercermin dari sikap kita, misalnya, riang, senang, cemberut, lesu, bersemangat dan lain sebagainya. Dengan kata l;ain, kunci kebahagiaan tidakdapat ditemukan dari harta melimpah atau segala yang kita miliki melainkan kondisi hati kita.

Kekuatan spiritual sangat dahsyat pengaruhnya terhadap suasana hati kita, karena kekuatan spiritual menjadikan kita melihat segala potensi yang teristimewa anugerah Tuhan. Kekuatan spiritual memberi rasa tenang, gairah hidup ikhlas, dan berbuat lebih banyak kebaikan pada sesama. Kekuatan spiritual merupakan sumber kedamaian dan kebahagiaan hakiki.

Temukan kunci kebahagiaan yang sesungguhnya dengan senantiasa mempertebal kekuatan spiritual di dalam diri kita. Salah satu caranya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah sesuai keyakinan. Cara lain yang tak kalah efektif untuk meningkatkan kekuatan spiritual adalah mensyukuri karunia Tuhan dengan tulus ikhlas berbagi atau berbuat kebaikan kepada sesama tanpa dibayangi keinginan untuk dipuji.

Related

KISAH RENUNGAN 2305692073054102713

Post a Comment

item