tituitcom

BELAJAR TANGGUNG JAWAB DAN BERHENTI MENCARI ALASAN [ INSPIRASI ]

 BELAJAR TANGGUNG DAN BERHENTI MENCARI ALASAN [ INSPIRASI ]- Sikap bertanggung jawab adalah modal keberhasilan dibidang apapun. Berdasarkan kisah ini kita dapat melihat bahwa sikap bertanggungjawab mendidik seseorang mengatasi masalah dan memperbaiki diri sendiri. Didikan dari orang tua membuat Renald Reagan kecil tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
KISAH INSPIRASI DARI UANG 12,5 DOLLAR

Kejadian ini diceritakan terjadi pada tahun 1920 di Amerika Serikat. Saat itu seorang anak berusia sembilan tahunan bermain bola di komplek rumahnya. Entah mengapa ia menendang bola terlalu keras dan mengenai kaca jendela sebuah rumah di komplek tersebut. Tak ayal kaca jendela itu pecah berkeping, sementara sang pemilik rumah marah besar.

Pemilik rumah minta ganti rugi untuk kaca yang sudah dipecahkan sebesar 12,5 dollar tak peduli siapapun pelakunya, seorang anak kecil sekalipun. Pada saat itu uang sebesar 12,5 dollar nilainya sangat besar, setara dengan 125 ekor ayam betina. Anak itu merassa takut sekaligus bingung karena tak punya uang.

Dengan wajah murung ia pulang meminta bantuan uang kepada ayahnya. “Kamu harus bertanggung jawab atas kesalahanmu jangan meminta orang lain untuk menanggung kesalahanmu,” kata ayahnya.

Tapi, saya tidak punya ia,” jawabnya melas.

“Saya akan meminjam uang untuk kamu. Tetapi kamu harus mengembalikannya dalam satu tahun,” kata si ayah mengajukan syarat.

“Baiklah!” jawab anak itu senang.

Setelah itu si anak bekerja sampingan untuk mendapatkan uang. Dalam waktu enam bulan ia berhasil mengumpulkan uang sebesar 12,5 dolar dan melunasi hutang kepada ayahnya. Si ayah sangat senang menerima uang dari anaknya. “Kamu memang seorang kesatria sejati!” puji ayahnya sambil tersenyum.

Pada masa selanjutnya tersiar kabar bahwa anak itu berhasil menjadi presiden Amerika ke-40. ia memerintah Amerika sejak tahun 1981 hingga 1989. kisah tersebut adalah salah satu kejadian yang pernah dialami oleh Ronald Wilson Reagan (1911-2004).

PESAN
Sikap bertanggung jawab adalah modal keberhasilan dibidang apapun. Berdasarkan kisah di atas kita dapat melihat bahwa sikap bertanggungjawab mendidik seseorang mengatasi masalah dan memperbaiki diri sendiri. Didikan dari orang tua membuat Renald Reagan kecil tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Selama masa kepemimpinannya Ronald Reagan dinilai cukup berhasil memajukan perekonomian Amerika Serikat. Dirinya juga dicintai rakyat. Hal itu nampak jelas dari kesedihan yang luar biasa dari sebagian besar rakyat Amerika ketika ia meninggal dunia pada tanggal 5 Juni 2004.

Masing-masing diantara kita sudah pasti dituntut tanggungjawab, entah t6erhadap diri sendiri, keluarga, lingkungan, pekerjaan dan lain sebagainya.. “Hari dimana anda menerima tanggungjawab dan berhenti mencari alasan, dihari itulah anda mulai melangkah menuju sukses,” O.J. Simpson. Menjalankan tanggungjawab dengan baik mendidik diri kita untuk senantiasa melakukan segala hal dengan baik dan benar.

Sebagaimana filsuf seperti Aristotle mengatakan, “Kualitas bukan suatu tindakan, tapi suatu kebiasaan.” Bila kita selalu membiaasakn diri bersikap bertanggung jawab, maka sikap tersebut akan menjadi ciri khas dan memberi manfaat sangat besar terhadap diri kita. Misalnya seseorang yang selalu bertanggungjawab maka ia akan memiliki jiwa luhur dan satu kekuatan semangat kerja yang luar biasa. Dengan kata lain, membiasakan diri bersikap tanggungjawab memberikan dampak posisi lebihi besar disbanding kerugiannya.

Related

KISAH RENUNGAN 2336124728662156076

Post a Comment

item